Prinsip Kerja Proses Pembuatan Cup Gelas Plastik PP Tanpa Reject

Prinsip Kerja Proses Pembuatan Cup Gelas Plastik PP – Tanpa Reject

 

mesin pembuat gelas cup pp

 

Produksi minuman khususnya dalam kemasan cup atau gelas plastik menjadi sebuah keharusan bagi sebagian besar perusahaan minuman di Indonesia.
Salah satu alasan kuat bahwa setiap industri minuman harus memiliki opsi kemasan cup atau kemasan gelas plastik adalah karena penetrasi pasar minuman cup yang cukup tinggi dan untuk keperluan branding.

Beberapa produk minuman baru yang tidak memiliki kemasan cup cenderung lebih sulit melakukan penetrasi pasar secara besar-besaran.Merek menjadi lebih sulit dikenal orang banyak.
Hal ini dikarenakan kemasan cup merupakan pilihan banyak orang ketika mengadakan pesta atau acara, dibanding kemasan botol.Susunan kemasan cup produk di sebuah acara pesta menjadi iklan tersendiri bagi pemilik usaha.

Belum lagi kalau rasanya enak, semakin mudah diingat oleh tamu atau peserta acara yang meminumnya.”Wahh, merek apa ini ? Koq rasanya enak sekali.Kapan-kapan pas acara saya juga ingin minumnya pakai merek ini saja.”
Itulah sedikit gambaran bagaimana minuman dalam kemasan cup memiliki kemungkinan yang lebih besar dan lebih mudah dalam penetrasi pasar.

 

HARGA CUP YANG MAHAL

Namun industri dalam kemasan cup memiliki tingkat kesulitan tersendiri.Yaitu mahalnya harga cup dan beban biaya pengiriman cup yang membuat harga minuman dalam kemasan cup melambung tinggi dan sulit bersaing.

Bahkan sering pengusaha minuman cup mengatakan bahwa nyaris tidak ada untung untuk penjualan minuman dalam kemasan cup.

Penetrasi pasar mudah, tetapi tidak ada untung.Begitulah asumsi yang sudah terbentuk dan itu memang terbukti terjadi.

 

MEMBUAT CUP SENDIRI LEBIH MUDAH DAN LEBIH MURAH

Solusi terbaik yang tersedia saat ini adalah membuat cup sendiri.Dengan membuat gelas sendiri, beberapa industri yang sudah melakukannya terbukti memiliki keuntungan ganda.
Penjualan minuman dalam kemasan gelas cup yang tidak lagi merugi atau tidak untung, ditambah order baru menjual cup kepada perusahaan lain di daerahnya.

Sehingga perusahaan di daerah yang di supplynya tidak perlu lagi membeli dari Jawa dengan beban biaya pengiriman yang tidak wajar.

Biaya yang diperlukan untuk membuat cup sendiri dari biji plastik relatif sangat murah.Apalagi memang dalam proses pembuatannya, cup plastik PP meminta hasil reject ikut diolah kembali menjadi bahan baku.

Sehingga produksi cup sendiri dipastikan benar-benar murah dan mudah.

Proses instalasi awal mesin saja yang membutuhkan waktu agak lama, tetapi begitu sudah jalan produksi … umumnya mesin beroperasi dengan lancar.

 

URUTAN KERJA PROSES PRODUKSI KEMASAN GELAS PLASTIK

  1. PP Sheet Extruder Machine – unit ini membuat biji plastik menjadi plastik Sheet hingga digulung dalam sebuah roll.Tugas operator adalah memasukkan / menuang biji plastik ke hopper mesin dan mengambil hasil jadi plastik sheet.Siapkan beberapa roll sebelum menjalankan mesin PP Cup Thermoforming agar mesin Thermoforming dalam beroperasi secara kontinu.
  2. PP Cup Thermoforming Machine – unit ini memproses PP Sheet menjadi cup.PP Sheet yang dibuat oleh PP Sheet Extruder Machine dipasang di Holder mesin PP Cup Thermoforming untuk diproses menjadi cup.
    Output mesin ini adalah cup yang sudah jadi.
  3. PP Cup Packaging Machine – unit ini membungkus cup gelas dalam kemasan slop yang umumnya berisi 50 cup per kemasan slop.
  4. SELESAI

 

Sesingkat itu cara kerjanya ? Yup, betul sekali.
Hanya ada 3 unit utama itu saja yang umumnya digunakan untuk proses pembuatan cup gelas plastik.Selebihnya adalah unit-unit tambahan seperti tampak pada gambar diatas.Unit-unit tambahan tersebut berfungsi sebagai pendukung kerja yang wajib ada.

SAYA BUTUH INFO LEBIH LANJUT TENTANG MESIN PRODUKSI CUP GELAS

Mau tanya atau info lebih lanjut ? Bisa Call atau Chat WA kesini ya : https://wa.me/6281252160260
Team kami siap membantu

 

error: Content is protected !!