Mesin Buatan China atau Lokal ??

Memilih Mesin Buatan China atau Lokal

Mau beli mesin cup sealer buatan China atau buatan Lokal ? — Dilema yang satu ini adalah salah satu dilema menahun yang tidak pernah selesai juga.
Ditambah lagi para supplier mesin China tentu mengarahkan pembeli untuk memilih meisn buatan China.
Sebaliknya supplier mesin lokal akan mengarahkan pembeli dan memberikan berbagai alasan untuk memilih mesin lokal.

Sebelum kita masuk lebih mendalam dalam pembahasan menarik ini, kita kenali dulu siapa supplier mesin China dan supplier mesin lokal yang ada di Indonesia
Sekali lagi, setiap artikel yang kami buat tidak bertujuan untuk mengarahkan pembeli untuk memilih mesin tertentu.Semua kembali pada pemikiran dan pilihan masing-masing.
Kami hanya memberikan sebuah pandangan yang benar, bukan berasal dari ilmu penjualan dan lobby me-lobby …. namun lebih banyak melihat dari sisi teknis.Karena kami adalah supplier mesin yang berbasis teknis, bukan berbasis penjualan sebanyak-banyaknya.Jujur saja, stock ready CV Carmel Hill Machinery hanya sedikit dan menjadi rebutan bagi calon customer.Tidak ada gunanya kami memberikan artikel yang bertujuan jualan.

Setuju ya ??? Yuk lanjutt !!

Bagaimana Mesin dari China Diimpor ?

Supplier mesin China adalah mereka yang membeli mesin dari China dimana mereka disebut sebagai importir.

Ataupun mereka yang membeli mesin dari para supplier tersebut dan mereka disebut sebagai pedagang atau reseller.
Supplier mesin Lokal adalah mereka yang merakit komponen-komponen menjadi sebuah unit mesin dan menjualnya, atau mereka yang membeli dari perakit tersebut untuk dijual lagi.

Ada satu hal yang mesti kita sepakati bersama tentang mesin Lokal.Sebuah fakta yang disebut pabrik mesin lokal adalah mereka yang merakit komponen-komponen menjadi sebuah unit mesin.
Jadi sekali lagi, termasuk mesin yang dirakit oleh bengkel CV Carmel Hill Machinery : kami adalah perakit mesin, dan bukan pembuat mesin.
Tidak ada pembuat mesin lokal.
Yang dikerjakan adalah membeli komponen-komponen buatan luar, baik China ataupun negara lain … dan kami merakitnya menjadi sebuah unit mesin
Ini penjelasan yang benar tentang mesin lokal

Sedangkan industri di China, tanpa bermaksud membanggakan dan melebihkan luar negeri lebih baik …. mereka membuat segalanya dari hulu ke hilir.
Bahkan sering ada candaan dari kawan-kawan teknik …. ‘Seluruh alam semesta ini ciptaan Tuhan … dan selebihnya ciptaan china’
Baik buruk, suka atau tidak suka …. kita harus akui dan belajar dari sini.
Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan ‘Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China’ ….. dan ini dikatakan jauh berabad-abad sebelum China menjadi negara produsen seperti sekarang.
Ini artinya sejak jaman dahulu sudah diramalkan bahwa pusatnya ilmu ada di China.

Sekali lagi tanpa ada maksud membandingkan baik buruk antara satu dengan yang lain, karena kami sendiri juga merakit mesin lokal …. namun tidak lebih dari membicarakan yang sebenar-benarnya kondisi yang ada.

Sehingga kami sendiri bila ditanya calon pembeli …. ‘lebih bagus mana buatan China atau lokal ?’ … kami seringkali memberikan jawaba begini : China sudah ke ruang angkasa, membuat jalan tol menembus gunung, dll …. menurut Bapak sendiri lebih bagus mana kira-kira ?

 

Hanya saja persoalannya, benarkan buatan China selalu lebih bagus daripada rakitan lokal ? Kalau ini yang ditanyakan, jawabannya tergantung yang merakit lokal tadi pakai komponen apa saja, dan yang buatan china pakai komponen apa saja.
membandingkan mesin itu dilihat komponennya dan cara pembuatan/perakitannya.
Kita juga harus akui bahwa banyak mesin China yang dirakit asal jadi.Karena importir kita meminta yang murah dari pabrik di China …. akhirnya pabrik memberikan yang benar-benar murahan.Ini sangat banyak dan sering terjadi.Sehingga tidak bisa dipastikan bahwa buatan China pasti lebih baik meskipun mereka sudah menembus gunung dan ruang angkasa.Masalahnya ada pada importir kita.
Importir kita sengaja mengimpor yang murah supaya cepat terjual dan cepat laku.

Oleh karena itu, dalam penjualan mesin-mesin buatan China … sudah banyak yang mendengar bahwa CV Carmel Hill Machinery merubah dan memodifikasi komponen mesin.
Kami menyadari betul, sekalipun kami membeli mesin dari China dengan grade yang lebih baik daripada yang umum ada di pasaran, kami masih sering menjumpai adanya wiring pengkabelan yang akan menyulitkan, komponen yang susah diperoleh penggantinya di Indonesia, dan bahasa yang rumit.
Manajemen CV Carmel Hill Machinery mengganti dan memodifikasi itu semua, bahkan dalam beberapa kasus khusus menambahkan komponen pengaman tambahan.

 

Call / Chat WA : 081252160260

 

error: Content is protected !!