Dinamo Motor Mesin Cup Sealer Cepat Rusak, Apa Sebabnya ?

Dalam sebuah pembicaraan dengan seorang customer mesin cup sealer kami yang menanyakan apa bedanya mesin cup sealer mekanik dan pneumatic, seringkali kami berikan ilustrasi sederhana untuk memudahkan dipahami.

 

ILUSTRASI TENTANG KERJA DINAMO MOTOR MESIN CUP SEALER

Ilustrasinya seperti ini : mesin cup sealer mekanik itu ibarat seorang bapak yang mengangkut pikulan air di pundaknya, lalu membawa 2 batu besar di kedua tangannya, kemudian di pinggangnya diikat dengan tali untuk menarik sebuah gerobak berisi kayu bakar, dan kedua kakinya berjalan tanpa sepatu.

Sedangkan mesin cup sealer pneumatic itu ibarat beberapa orang bapak bekerjasama.Yang satu mengangkut pikulan air, yang satunya lagi membawa 2 batu besar di kedua tangannya, yang satu lagi menyeret gerobak dengan tali diikatkan pada pinggulnya.

Bagaimana hasil kerja keduanya menurut anda setelah sama-sama 2 jam bekerja ? Yang manakah yang masih mampu melanjutkan kerjanya sampai 8 jam ? bahkan sampai 16 jam ? atau bahkan sampai 24 jam ?

Mengapa diibaratkan seperti itu ?
Karena di sebuah mesin cup sealer mekanik, ada sebuah dinamo atau motor penggerak utama yang bekerja untuk semua bagian mesin.Tidak ada yang membantu.Dinamo atau motor ini bekerja sendirian dan merana.

Itulah sebabnya mengapa mesin cup sealer mekanik seringkali harganya jauh lebih murah daripada mesin cup sealer pneumatic.

Pada mesin cup sealer pnaumatic, motor atau dinamo hanya bekerja menggerakkan konveyor yang membawa cup berjalan di semua proses.Sedangkan kerja lain seperti menurunkan cup, mengisi, menutup cup, cetak tanggal …. dikerjakan oleh komponen pneumatic.Motor atau dinamo benar-benar hanya bekerja sebagai penggerak konveyor saja.

Memahami cerita diatas, kita tentunya dengan logika sudah bisa membayangkan mengapa mesin cup sealer pneumatic lebih awet dan mesin cup sealer mekanik kenyataannya banyak yang mengalami masalah serius setelah beberapa waktu pemakaian.

Ilustrasi diatas adalah gambaran penyebabnya.

Oleh karena itu ketika ada seorang datang kepada kami untuk perbaikan / service mesin cup sealer.Kami selalu tanya dulu, pneumatc atau mekanik ?
Jika mekanik, kami umumnya bertanya sudah berapa lama pakai dan apa kendalanya ?
Kalau sudah pakai lebih dari 6 bulan dan kendalanya adalah plastik lidcup yang sering meleset umumnya kami menyarankan lebih baik tidak diperbaiki.Kecuali diupgrade ke sistem pneumatic.

Jika diperbaiki, paling lama normal hanya 70 jam pemakaian akan mengalami hal yang sama lagi.

Mengapa itu terjadi pada mesin cup sealer mekanik ?? Tidak bisakah diperbaiki ? Kata orang CV Carmel Hill Machinery adalah salah satu perdagangan mesin yang ahli di mesin cup sealer ?

Justru kami ahli, kami tahu dan kami tidak mau memperbaikinya.Karena hanya akan merugikan pemilik mesin.
Kami tahu bahwa masalah itu adalah masalah yang tidak bisa diselesaikan.Itu mesin salah sistem dijual.Makanya murah.

Masalah yang sama akan berulang terus.Karena sebuah dinamo harus bekerja menggerakkan seluruh komponen mesin.
Tentu setelah 2 jam atau 3 jam pemakaian akan terjadi masalah lagi.Terus dan terus akan berulang seperti itu.

Dinamo atau Motor jadi cepat aus / rusak.Awalnya panas lalu diteruskan bekerja.Dalam jangka waktu tertentu karena mengalami kerja paksa, tentu akan rusak.

Digulung ulang bukan solusi yang baik.Karena digulung ulang hanya kami rekomendasikan apabila selanjutnya kerjanya dibuat lebih ringan.Karena digulung ulang pasti menurunkan kualitas hingga 20%.
Solusinya adalah ganti baru.

Namun ganti baru, kerja paksa lagi, jangka waktu tertentu pasti akan rusak lagi.

 

mesin cup sealer otomatis

 

Kami pernah mengajak berhitung kepada seorang customer yang kecewa pada mesin cup sealer mekanik kemudian membeli mesin cup sealer pneumatic merek Carmel.

Harga mesin cup sealer 2 line kami termasuk kompresornya sekitar 93-95 juta rupiah.
Harga mesin cup sealer mekanik yang dia beli 60 juta.Setelah hanya 3 tahun pemakaian, sudah menghabiskan biaya perbaikan sebesar 40 juta.Jadi dalam 3 tahun belum menghitung kerugian akibat mesin berhenti ketika perbaikan, sudah mengeluarkan dana 100 juta.

Dan sekarang mesinnya dijual cuma laku 20 juta. Itupun pembeli mesin bekasnya komplain terus.

 

motor mesin cup sealer

Itulah sekelumit gambaran sebagai jawaban atas banyaknya pertanyaan dari pengguna mesin cup sealer mekanik : Mengapa Dinamo koq Rusak terus ?

Semoga Bermanfaat !!!

 

Dapatkan Info dan Penawaran Mesin Cup Sealer merek Carmel Disini :

 

 

 

 

error: Content is protected !!